Saturday, September 16, 2023

Haruskah Seorang Penulis Membentuk Personal Branding dalam Karir Kepenulisannya? (Bagian 2)

 

Kedua, selalu meningkatkan skill atau kemampuan diri. Langkah kedua ini sering dilupakan oleh seorang penulis. Merasa tulisannya sudah bagus, dia enggan memperhatikan saran atau kritik dari pihak lain.

Sikap ini harus dihindari sejauh mungkin, apalagi bagi seorang penulis pemula. Membaca tulisan orang lain menjadi salah satu cara belajar. Sebab di dalamnya akan mendapatkan banyak hal.

Apabila tulisan tersebut berasal dari penulis senior, paling tidak seorang penulis dapat belajar cara bertutur penulis tersebut. Setiap penulis pasti punya gaya bertutur yang berbeda-beda. Nah di sini seorang penulis tinggal menyesuaikan gaya mana yang paling pas.

Demikian pula dalam mengolah dialog. Kebanyakan penulis pemula terjebak dalam pembuatan sebuah dialog. Kesalahan pertama biasanya tampak dari dialog-dialog kaku yang dibuat. Sehingga pembaca merasa garing saat membacanya.

Kesalahan kedua, biasanya menyangkut tata tulis. Terutama dalam penggunaan tanda baca. Yah, memang urusan ini terbilang rumit kalau belum terbiasa. Maka sangat disarankan para penulis pemula agar tidak sungkan-sungkan membuka contoh dialog dalam sebuah tulisan.

Hal itu pula yang sering saya lakukan. Sebab jika harus membuka tata tulis yang tercantum dalam KBBI ribet banget. Namun ketika langsung nembak pada contoh tulisan yang ada, lebih simpel. Tapi dengan catatan buku atau tulisan dari penerbit atau media yang terpercaya bukan sembarangan.

Cara lain dapat pula melalui Mbah Gugle. Ini malah lebih simpel, tinggal ketik apa yang dimaksud, cling langsung muncul. Tinggal pilih mana, terserah kita.

Latihan tata tulis tidak harus langsung semuanya, tapi dapat dilakukan sedikit demi sedikit. Peribahasa yang mengatakan alah bisa karena biasa itu benar. Sebab dengan selalu berusaha mematuhi tata tulis yang benar akan mempercantik tulisan kita. Percaya aja, deh!

 

Bersambung

No comments:

Post a Comment

Ini Urusan Rasa, Enggak Ada Nilainya

  Duel seru timnas Indonesia vs Qatar di Piala Asia U-23 2024 (sumber: pssi.org) Dalam sebuah obrolan ringan saya sampaikan kalau sedang sed...