Tuesday, June 27, 2023

Awas, Jangan Terlalu Lama Bekerja di Depan Komputer!

 

Asyik bekerja di depan laptop memang sering kita lakukan. Apalagi jika pekerjaan yang sedang kita kerjakan dalam posisi tanggung. Mau ditinggal tinggal sedikit, takutnya nanti malah kehilangan mood.

Demikian pula pada beberapa teman yang terjun di dunia literasi. Masalah mood menjadi urusan yang sangat penting. Masalahnya, jika mood sedang bersimaharaja dalam diri kita. Harus dilayani sampai tuntas.

Kalua sampai ditunda penulisannya, bisa jadi hilang mood tersebut, runyam tulisan yang tengah dibuat. Padahal menunggu mood datang itu tidak gampang.

Akhirnya dari dau contoh tersebut, mata melotot terus di depan laptop hingga berjam-jam. Akibatnya mata tidak tahan. Sakit.

Gejala yang muncul biasanya berupa mata Lelah, merah, kering, dan gatal. Kondisi ini oleh para ahli disebut Computer Vision Syndrome.

Penyebabnya ternyata sepele. Pada saat kita menatap layer computer, frekuensi kedipan mata kita hanya tinggal separoh. Dalam ukuran normal, orang akan mengedip sebanyak 18 kali dalam satu menit. Tujuannya adalah untuk membantu menyegarkan mata.

Saat kita memelototi layer komputer, ternyata mata hanya berkedip sebanyak 9 kali dalm satu menit. Akibatnya mata menjadi mudah kering, merah, berair, Lelah, gatal, dan pedih.

Akibat lebih lanjut biasanya berupa:

-          Penglihatan kabur

-          Penglihatan double/ ganda

-          Mata kering

-          Mata merah karena iritasi

-          Sakit kepala

-          Sakit leher atau punggung

Nah, meski sampai saat ini belum ada penelitian orang meninggal gegara melototin layar computer, ada baiknya hal ini tetap diperhatikan. Lakukan kegiatan di depan layar computer secara bijak. Lakukan peregangan pada saat-saat tertentu, dan lakukan kegiatan selingan secukupnya.

 

Lembah Tidar, 27 Juni 2023

No comments:

Post a Comment

Ini Urusan Rasa, Enggak Ada Nilainya

  Duel seru timnas Indonesia vs Qatar di Piala Asia U-23 2024 (sumber: pssi.org) Dalam sebuah obrolan ringan saya sampaikan kalau sedang sed...